Habib Dr. Salim Segaf Aljufri, M.A.

Ketua Majelis Syuro PKS 2015-2020

Habib Salim Segaf Al-Jufri adalah mantan Menteri Sosial di era Susilo Bambang Yudhoyono dari kader PKS. Namanya menjadi perbincangan hangat setelah digadang-gadang jadi salah satu dari beberapa calon wakil potensial Prabowo Subianto yang akan maju dalam perhelatan Pilpres 2019.

Berbekal doktor agama dari Universitas Islam Madinah mengantarkan Habib Salim Segaf Al-Jufri terjun ke dunia pendidikan dan politik. Mulai dari dosen, dubes, menteri, hingga ketua Majelis Syuro PKS.

Pria kelahiran Surakarta, 17 Juli 1954 ini bukan lagi orang baru di dunia pemerintahan. Habib Salim pernah didapuk sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kesultanan Oman sejak 2005 selama 4 tahun.

Setelah itu, pria yang mengemban pendidikan S1 hingga S3 di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi ini diberi amanah sebagai Menteri Sosial periode 2009-2014 Kabinet Indonesia Bersatu II pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Habib Salim mengabdikan dirinya sebagai dosen pasca sarjana di beberapa universitas salah satunya, UIN Syarif Hidayahtullah. Di kampus tersebut, Ia juga pernah mengajar S1 di jurusan Tafsir-Hadits, Fakultas Ushuluddin.

Suami dari Zaenab Alwi Basri ini pun pernah menjabat sebagai Direktur Syariah Consulting Center dan Direktur Perwakilan WAMY (World Assembly of Muslim Youth) untuk Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara.

Sempat menduduki posisi Ketua Dewan Syariah PKS, pada tahun 2015 ayah 5 anak ini pun dipercaya sebagai Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera dengan tanggung jawab dapat mempererat ideologi di dalam partai.

Habib Salim adalah cucu dari pejuang pendidikan sekaligus ulama yang berpengaruh di Palu bernama Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri. Ia lebih dikenal dengan sapaan Guru Tua dan dialah pelopor berdirinya Yayasan Al-Khairaat.

Pada tahun 2014, nama Sayyid Idrus bin Salim Al-Jufri bahkan telah digunakan sebagai nama bandara di Palu, Sulawesi Tengah untuk mengenang jasa-jasanya dulu.

Pada tahun 2016, Habib Salim endapatkan kehormatan menjadi Dewan Penasehat (Mustasyar) Rabithah Alawiyah untuk masa kepengurusan tahun 2016-2021.

Pada tahun 2018, Habib Salim adalah satu dari sembilan calon dari PKS yang akan disandingkan sebagai wakil Prabowo Subianto untuk maju pada pesta demokrasi Pilpres 2019.

Namanya muncul hasil rekomendasi para ulama yang ikut dalam kegiatan Ijtima Ulama yang digelar di Jakarta akhir Juli 2018. Habib Salim pun menyatakan kesiapannya.

Dalam sebuah kongres yang digelar di Turki, Kamis (8/11/2018), Habib Salim Segaf Al Jufri terpilih sebagai Wakil Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS). Kongres IUMS diikuti oleh 1.500 peserta ulama dan cendekiawan Muslim dari seluruh penjuru dunia.

****

KELUARGA 
Istri                : Zaenab Alwi Basri
Anak              : 5 anak

PENDIDIKAN
Universitas Islam Madinah, Arab Saudi

KARIER 

  • Direktur Syariah Consulting Center
  • Ketua Dewan Syariah PKS
  • Direktur Perwakilan WAMY (World Assembly of Muslim Youth) untuk Kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara
  • Dosen Fakultas Syariah Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA)
  • Dosen di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta
  • Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Arab Saudi dan Kesultanan Oman (2005-2009)
  • Menteri Sosial Indonesia (2009-2014)
  • Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (2015-2020)
  • Dewan Penasehat (Mustasyar) Rabithah Alawiyah (2016-2021)
  • Wakil Ketua Persatuan Ulama Muslim Internasional (IUMS)
(dari berbagai sumber)